Show simple item record

dc.contributor.authorOmpusunggu, Henny Erina Saurmauli
dc.date.accessioned2022-03-31T08:50:46Z
dc.date.available2022-03-31T08:50:46Z
dc.date.issued2018-10-03
dc.identifier.citation-en_US
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6634
dc.description-en_US
dc.description.abstractProses evaluasi belajar diharapkan dapat menilai kemampuan mahasiswa/i dalam menganalisis berbagai kasus penyakit yang tercakup dalam SKDI. Untuk itulah saat ini format Ujian Kompetensi Program Profesi Dokter (UKMPPD) berupa Computerized-based Testing (CBT) dan Objective Structured Clinical Examination (OSCE). Dalam penelitian ini secara lebih khusus akan membahas dan menganalisis hasil CBT. Soal ujian CBT berbentuk Multiple Choice Question (MCQ) yang setiap soalnya terdiri dari kasus (vignette), pertanyaan (lead in question) dan pilihan jawaban (option). Pada semester Ganjil tahun ajaran 2017/2018, mahasiswa/i angkatan 2015, salah satunya, mempelajari Blok Imuno-Hematologi. Hasil evaluasi belajar pengetahuan teori, gabungan nilai UTB dan UAB, Blok Imuno-Hematologi didapati nilai rata-rata kelas 55, dengan jumlah mahasiswa yang lulus (nilai gabungan UTB dan UAB ≥ 59) hanya 18 orang dari 49 orang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai pengetahuan teori sebagian besar mahasiswa angkatan 2015 masih rendah (< 59) dan persentase ketidaklulusan pada Blok Imuno-Hematologi masih tinggi (63%). Oleh karena itu perlu dilakukan analisis soal-soal ujian teori Blok Imuno-Hematologi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode analisis buku soal ujian teori, lembar jawaban mahasiswa/i peserta ujian dan data assessment Blok Imuno-Hematologi tahun ajaran 2017/ 2018. Soal-soal ujian teori Blok Imuno-Hematologi tahun ajaran 2017/2018 mayoritas sudah menggunakan vignette dan berfungsi, begitu pula dengan pilihan jawaban (option) baik jawaban maupun distraktor dapat berfungsi. Akan tetapi pertanyaan (lead in question) mayoritas masih belum sesuai dengan format standar UKMPPD. Topik soal ujian teori Blok Imuno-Hematologi tahun ajaran 2017/ 2018 mayoritas merupakan topik yang masuk dalam SKDI, dimana soal yang paling banyak merupakan level kompetensi 2 dan 4. Akan tetapi dari soal-soal yang termasuk dalam topik SKDI, belum semua pertanyaan soal yang diajukan sesuai dengan level kompetensi. Berdasarkan hasil analisis indeks pembeda (discrimination index) soal ujian teori Blok Imuno-Hematologi tahun ajaran 2017/ 2018 didapati seimbang antara soal yang diterima (dengan/ tanpa perbaikan) dan soal yang ditolak/ dikembalikan untuk diperbaiki. Berdasarkan hasil analisis indeks kesukaran (difficulty index) soal ujian teori Blok Imuno-Hematologi tahun ajaran 2017/ 2018 mayoritas tergolong sedang. Dari soal yang diterima berdasarkan hasil analisis indeks pembeda mayoritas soal juga tergolong sedang.en_US
dc.description.sponsorship-en_US
dc.publisher-en_US
dc.relation.ispartofseries-;
dc.subjectsoal ujian; ujian teori; fakultas kedokteranen_US
dc.titleAnalisis Soal Ujian Teori Blok Imuno-Hematologi Tahun Ajaran 2017/2018 Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen Medanen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record