• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS IMPLIKATUR PERCAKAPAN GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP BUSTANUL MAKMUR GENTENG DI VIDEO YOUTUBE

    Thumbnail
    View/Open
    MONIKA SIBORO.pdf (213.9Kb)
    Date
    2022-02-04
    Author
    SIBORO, MONIKA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini berjudul Analisis Implikatur Percakapan Guru dan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Bustanul Makmur Genteng di Video Youtube bertujuan untuk mengetahui prinsip kerja sama pada implikatur yang digunakan pada percakapan guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa indonesia SMP Bustanul Makmur Genteng di Video Youtube sesuai teori Grace. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik simak libat cakap. Selanjutnya teknik analisis data dengan langkah berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis terdapat 31 tuturan yang termasuk dalam empat maksim kerja sama yang dikemukakan oleh Grice. Prinsip kerja sama tersebut yakni 14 maksim kuantitas, 1 maksim kualitas, 2 maksim relevansi dan 14 maksim pelaksanaan/ cara.Prinsip kerja sama paling dominan adalah maksim kualitas 45,16 % , maksim pelaksanaan/ cara sebanyak 45,16 %, maksim kauntitas 6,45 % dan maksim relevansi 3,22 %.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6488
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [548]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback