dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemanfaatan media internet dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS SMA Negeri 1 Laguboti Tahun Ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Uji instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji normalitas, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis secara parsial (uji t), uji hipotesis secara simultan (uji f), dan uji koefisien determinasi (R^2). Dilihat dari hasil pengolahan data dengan menggunakan SPSS 22 terdapat persamaan analisis linear berganda yaitu Y= 10,553 + 0,492X_1 + 0,657X_2, dan hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemanfaatan media internet terhadap hasil belajar siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Laguboti berdasarkan uji t yaitu 3,427>2,039. Selanjutnya hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Laguboti berdasarkan uji t yaitu 3,414>2,039. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pemanfaatn median internet dan kemanidrian belajar secara simultan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Laguboti berdasarkan uji f yaitu 40,693>4,16. Dan berdasrkan uji koefisien determinasi (R^2) terdapat pengaruh pemanfaatan media internet dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Laguboti sebesar 71,3% dan sisanya sebesar 28,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini. | en_US |