dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kreativitas Guru dalam Mengelola Pembelajaran IPS dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX Selama Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Laeparira Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Laeparira Tahun Ajaran 2021/2022 dengan jumlah sampel 56 orang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Analisis Regresi Linear Berganda, Uji Parsial (Uji-T), dan Uji Simultan (Uji-F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kreativitas Guru dalam Mengelola Pembelajaran IPS berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa, yang menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (2,432 > 1,672) dan nilai signifikansi
0,001 < 0.05, motivasi belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap
hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi thitung > ttabel (1,846>1,672), dan nilai signifikansi 0,002 < 0.05. Kemudian hasil perhitungan Uji Simultan (Uji-F) diperoleh > (31,060 > 3,16) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Terdapat hubungan positif dan signifikan Kreativitas Guru dalam Mengelola Pembelajaran IPS dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa dengan hasil persamaan regresi, Y= 86,114 + 0,299 X1 +
0,078 X2 dan koefisien determinasi 0,402 atau 4,02%. Maka dapat disimpulkan
hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat adalah berarti. | en_US |