PENGARUH PERILAKU BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII DI UPT SMP NEGERI 10 MEDAN TAHUN AJARAN 2020/2021
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Perilaku Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII Di UPT SMP Negeri 10 Medan T.A 2020/2021. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 345 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A - kelas VIII K yang berjumlah 34 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah teknik random sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Analisis Regresi Linier Sederhana, Uji Keberartian Regresi dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil uji regresi linier sederhana didapatkan untuk perilaku belajar = 1,135 untuk konstanta regresinya adalah 25,336 sehingga persamaan regresi linier sederhana adalah 25,336 + 1,135 X dengan artian bahwa setiap peningkatan 1 poin perilaku belajar (X) maka hasil belajar (Y) akan meningkat sebesar 1,135. Sehingga dapat diketahui bahwa Ada pengaruh yang signifikan antara perilaku belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas VIII Di UPT SMP Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Dari perhitungan hipotesis penelitian menunjukkan bahwa nilai t_hitung > t_tabel (19,990 > 2,032) dan nilai signifikansi <a (0,000 < 0,05). Dengan demikian Ha diterima sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara perilaku belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII Di UPT SMP Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2020/2021.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]