• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    “Efektivitas Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Meresensi Novel oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Paranginan Tahun Pembelajaran 2017/2018”

    Thumbnail
    View/Open
    Nezar Frey Hasugian.pdf (509.6Kb)
    Date
    2017-08-31
    Author
    Hasugian, Nezar Frey
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan model Project Based Learning terhadap kemampuan meresensi novel pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Paranginan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jumlah populasi sebanyak 177 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 70 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes penugasan untuk mengetahui efektivitas model project based learning terhadap kemampuan meresensi novel pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Paranginan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 1 Paranginan yang berjumlah 177 orang siswa yang terdiri dari 5 kelas. Sampel yang dibagi menjadi dua kelas yaitu 35 orang untuk kelas eksperimen dan untuk kelas kontrol berjumlah 35 orang, sampel diambil dengan teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes. Tes yang digunakan adalah berupa penugasan meresensi novel proses dengan menggunkan model pembelajaran project based learning untuk mengetahui efektif atau tidaknya model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan meresensi novel pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Paranginan, maka uji yang digunakan yaitu uji “t”. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan, maka kemampuan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Paranginan dalam meresensi novel proses tanpa menggunakan model project based learning memiliki kategori cukup baik dengan memperoleh nilai rata-rata 63,77, serta kemampuan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Paranginan dalam meresensi novel proses dengan menggunakan model project based learning memiliki kategori baik dengan memperoleh nilai rata-rata 78,57. Berdasarkan uji normalitas hasil post-tes dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas, maka diketahuilah thitung = 4,7314. Selanjutnya ttabel dengan dk = (n1 + n2) – 2 = 68. Diperoleh taraf signifikan 5 % = 1,9973. Dengan demikian thitung > ttabel yakni 4,8026 > 1,9973, maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti model project based learning efektif dalam meningkatkan kemampuan meresensi novel pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Paranginan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/646
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [548]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback