Show simple item record

dc.contributor.authorSaragih, Hendri
dc.date.accessioned2018-03-20T10:20:07Z
dc.date.available2018-03-20T10:20:07Z
dc.date.issued2017-08-31
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/645
dc.description.abstractSolving terhadap kemampuan menulis esai pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Paranginan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jumlah populasi sebanyak 120 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes penugasan untuk mengetahui Efektivitas Model Double Loop Problem Solving Terhadap Kemampuan Menulis Esai pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Paranginan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XII SMA Negeri 1 Paranginan yang berjumlah 120 orang siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sampel yang dibagi menjadi dua kelas yaitu 30 orang untuk kelas eksperimen dan untuk kelas kontrol berjumlah 30 orang, sampel diambil dengan teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes. Tes yang digunakan adalah berupa penugasan menulis esai, dengan menggunkan model pembelajaran double loop problem solving untuk menetahui efektif atau tidaknya model pembelajaran double loop problem solving terhadap kemampuan menulis esai pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Paranginan, maka uji yang digunakan yaitu uji “t”. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan, maka kemampuan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Paranginan dalam menulis esai proses tanpa menggunakan model double loop problem solving memiliki kategori cukup baik dengan memperoleh nilai rata-rata 60,40 serta kemampuan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Paranginan dalam menulis esai proses dengan menggunakan model double loop problem solving memiliki kategori baik dengan memperoleh nilai rata-rata 75,87. Berdasarkan uji normalitas hasil post-tes dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas, maka di ketahuilah thitung = 5,2458. Selanjutnya thitung dengan dk = (n1 + n2) – 2 = 58. Diperoleh taraf signifikan 5 % = 2,0021. Dengan demikian thitung > ttabel yakni 5,2458 > 2,0021, maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti model double loop problem solving efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis esai pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Paranginan Tahun Pembelajaran 2017/2018.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Double Loop Problem Solvingen_US
dc.subjectKemampuan Menulis Esai.en_US
dc.titleEFEKTIVITAS MODEL DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ESAI OLEH SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 PARANGINAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record