PENGARUH PENJUALAN DAN PIUTANG TAK TERTAGIH TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017-2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara penjualan dan piutang tak tertagih terhadap profitabilitas pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2019. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang berjumlah 30 perusahaan. Metode pemilihan sanpel menggunakan metode Purposive Sampling sehingga terpilih 13 perusahaan yang menjadi sampel. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan yang mempublikasukan di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2019. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan bantuan Software SPSS. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji parsial (uji t) variabel penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. Variabel piutang tak tertagih tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Dan secara uji simultan (uji F) penjualan dan piutang tak tertagih berpengaruh dan signifikan terhadap profitabilitas. Berdasarkan kesimpulan, maka disarankan bagi perusahaan sebaiknya dapat membuat kebijakan dalam penjualan seperti promosi atau diskon. Karena untuk meningkatkan profit dalam perusahaan diperlukan penjualan yang meningkat untuk kebaikan perusahaan. Bagi pihak investor, hendaknya memperhatikan nilai penjualan dan piutang tak tertagih sebelum mengambil keputusan untuk berinvestasi. Penelitian berikutnya disarankan menambah variabel independen lain selain variabel yang diuji dalam penelitian ini yang dapat mempengaruhi profitabilitas.
Collections
- Akuntansi [1723]