dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Dan Kreativitas Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2021/2022 dengan jumlah 128 siswa sedangkan jumlah sample adalah 32 siswa. Metode Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji multikolineearitas, Uji Regresi Berganda, Uji Hipotesis Secara Parsial (uji t), Uji Secara Simultan (uji F), uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru dan kreativitas mengajar guru terhadap hasil belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan persamaan Y= 41.760+ 0,338X1 + 0,230X2 dan uji hipotesis secara parsial (uji t) untuk variabel X1 diperoleh nilai thitung>ttabel (4.370 > 2.045) dan nilai signifikan kompetensi kepribadian guru adalah 0.000 < 0,05 menyatakan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi kepribadian guru terhadap hasil belajar. Selanjutnya untuk variabel X2 diperoleh nilai thitung>ttabel (3.611 > 2.045) dan nilai signifikan kreativitas mengajar guru adalah 0.001 < 0,05 menyatakan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara kreativitas mengajar guru terhadap hasil belajar. | en_US |