dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi mengajar guru dan profesionalisme guru terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS SMA GKPI padang bulan medan Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA GKPI padang bulan Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Metode Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Analisis Regresi Berganda, Uji Simultan ( Uji-F ), Uji Parsial ( Uji-t ) dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi mengajar guru dan profesionalisme guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa, yang menunjukkan bahwa nilai 〖 t〗_hitung > t_tabel (2,252 > 2,042) untuk variabel variasi mengajar guru dan (2,261 > 2,042) untuk variabel profesionalisme guru dan nilai signifikan < a ( 0,00<0,05 ). Kemudian Untuk Uji F(89,213 > 2,90). Terdapat pengaruh positif variasi mengajar guru dan profesionalisme guru terhadap hasil belajar ekonomi siswa dengan persamaan regresi Y = 25,827 + 0,795X1 + 0,803X2). | en_US |