dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orangtua terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pollung tahun ajaran 2021/2022. Banyaknya populasi 102 siswa dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 48 siswa. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji multikolineritas, analisis regresi sederhana, dan uji hipotesis persial (uji t).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orangtua berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (6,122 > 2,013) dan nilai signifikan pola asuh orangtua adalah 0,00 < 0,05. Berdasarkan nilai thitung dan nilai signifikan pola asuh orangtua terhadap hasil belajar siswa maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pola asuh orangtua terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pollung tahun ajaran 2021/2022. | en_US |