dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiPengaruh Teknik 3-P (Pengamatan, Penulisan, dan Pelaporan) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Ulasan Drama Oleh Siswa XI SMA Sw.Katolik Sibolga Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan kepada 20 siswa Kelas XI SMA Sw.Katoik Sibolga dan jumlah tersebut merupakan sampel dari seluruh siswa Kelas XI SMA Sw.Katolik Sibolga.
Untuk menjaring data yang diperlukan digunakan tes subjektifjenis essay sebanyak 2 soal untuk variabel X dan variabel Y menggunakan tes subjektif jenis essay untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks ulasan drama.. Untuk mengetahui hubungan variabel X dan Y digunakan rumus eksperimen uji T.
Hasil Kemampuan Menulis Teks Ulasan Drama Dalam Menggunakan Teknik 3-P Oleh Siswa Kelas XI SMA Sw.Katolik Sibolga Tahun Pembelajaran 2017/2018memiliki nilai tertinggi 94 dan nilai terendah 71 termasuk kategori baik dengan rata-rata nilai 82,95. Sedangkan dalam menggunakan metode ceramah dengan nilai tertinggi 62 dan nilai terendah 40termasuk ke dalam kategori kurang baik dengan rata-rata nilai 50.Hasil uji eksperimen ditemukan bahwa Teknik 3-P Terhadap Kemampuan Menulis Teks Ulasan Drama memiliki hubungan yang signifikan sebesar 0,1982. Harga Ltabel dengan N = 20 pada taraf signifikasi 0,05% = 0,1982. Ternyata harga dari kelas eksperimenLhitung yang diperoleh melalui perhitungan lebih kecil dari Ltabelpada taraf signifikasi 5% (0,197<0,1982) dan pada kelas kontrol 0,161 < 1982 . Maka, skor tes subjektif terhadap kemampuan menulis teks ulasan drama adalah hubungan yang signifikan, dan dari hasil data ini ditemukan Lhitung X lebih tinggi disbanding Lhitung Y ( 0,197 < 0,161) sehingga teknik yang baik digunakan adalah teknik 3-P (Pengamatan, Penulisan, dan Pelaporan) . | en_US |