dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas xi ips di sma negeri 8 medan tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Medan tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah 143 siswa sedangkan jumlah sampel adalah 34 siswa. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji multikolinearitas, uji regresi berganda, uji hipotesis secara parsial (uji t), uji hipotesis secara simultan (uji F)
uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan belajar dan fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan persamaan Y = 22,751+ 0,217X1 + 0,688 X2 dan uji hipotesis secara parsial (uji t) untuk variabel X1 diperoleh nilai thitung > ttabel (2,696
> 2,040) dan nilai signifikan ligkugan belajar adalah 0,11 < 0,05 menyatakan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar. Selanjutnya untuk variabel X2 diperoleh nilai thitung > ttabel (6,022 >
2,040) dan nilai signifikan dari fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,000 < 0,05 menyatakan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa. | en_US |