• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASISMASALAH(PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS TEKS EKSPLANASI KOMPLEKSOLEH SISWA KELAS XISMASWASTA PARULIAN 1 MEDAN T.P. 2017/2018

    Thumbnail
    View/Open
    Desi Astriana br Siburian.pdf (209.2Kb)
    Date
    2017-08-25
    Author
    Siburian, Desi Astriana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning ) terhadap kemampuan Menganalisis Teks Eksplanasi Kompleks oleh siswa kelas XI SMA Swasta Parulian 1 Medan tahun pembelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas XI SMA Swastan Parulian 1 Medan tahun pembelajaran 2017/1018 yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 104 orang. Dari populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 32 orang yakni kelas XI IPA 1 yang dipilih secara cluster sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Dengan masalah dan tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan menganalisis teks eksplanasi siswa. Untuk memperoleh data, instrumen yang digunakan adalah tes penugasan menganalisis teks eksplanasi kompleks Dari analisa data diperoleh hasil pretest siswa sebelum menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning ) menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 59,79 sedangkan, hasil posttest siswa sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 78,62, dan standar eror 1,36 Hasil uji hipotesis dengan uji-t diperoleh harga thitung = 10,90 sedangkan Nilai ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 adalah 1,66980. Oleh sebab itu, diperoleh thitung> ttabel (10,90 > 1,66980). Maka Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) mempengaruhi kemampuan menganalisis teks eksplnanasi kompleks siwa kelas XI SMA Swasta Parulian 1 Medan tahun pembelajaran 2017/2018.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/635
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [548]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback