Show simple item record

dc.contributor.authorSinurat, Sanni Vrida
dc.date.accessioned2018-03-20T08:23:43Z
dc.date.available2018-03-20T08:23:43Z
dc.date.issued2017-10-25
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/633
dc.description.abstractTujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem based instructions terhadap kemampuan menulis teks observasi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 32 Medan tahun pembelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas VII SMP Negeri 32 Medan tahun pembelajaran 2016/1017 yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 107 orang. Dari populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 35 orang yakni kelas VII-II yang dipilih secara random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest- posttest design. Dengan masalah dan tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan menulis teks observasi siswa. Untuk memperoleh data, instrumen yang digunakan adalah tes penugasan. Dari analisa data diperoleh hasil pretest siswa sebelum menggunakan model PBI (Problem based instructions) menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 49,71 sedangkan, hasil posttest siswa sesudah menggunakan model PBI (Problem based instructions) menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 82,05 Hasil uji hipotesis dengan uji-t diperoleh harga thitung = 20,33 sedangkan Nilai ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 adalah 1,984. Oleh sebab itu, diperoleh thitung> ttabel (20,33 > 1,984). Maka Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model PBI (Problem Based Instructions) efektif digunakan dalam menulis teks observasi siswa kelas VII SMP Negeri 32 Medan tahun pembelajaran 2017/2018.en_US
dc.subjectproblem based instuctionsen_US
dc.subjectKemampuan Menulis Teks Observasien_US
dc.titlePENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTIONS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS OBSERVASI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 32 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record