dc.contributor.author | Munte, bangun | |
dc.date.accessioned | 2018-03-20T05:42:23Z | |
dc.date.available | 2018-03-20T05:42:23Z | |
dc.date.issued | 2015-07 | |
dc.identifier.issn | 1410-4695 | |
dc.identifier.uri | http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/629 | |
dc.description | Peranan orangtua dalam keluarga sangat menentukan dalam pembentukan masa depan
anak-anaknya begitu juga dengan pendidikan yang pada hakikatnya merupakan usaha
manusia untuk memanusiakan manusia itu sendiri. Kedudukan guru sebagai pendidik dan
pembimbing bukan hanya dengan bahan ajar yang digunakan tetapi dengan seluruh
kepribadiannya. Selain itu, pribadi guru merupakan satu kesatuan antara sifat-sifat pribadi
sebagai pendidik, pengajar dan pembimbing dan dapat diartikan sebagai contoh atau
teladan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriftif yaitu yang sengaja
dirancang untuk menganalisa dan menginterpretasikan data dan menentukan hubungan atau
pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat, kemudian menarik kesimpulan tentang
data yang dikumpulkan dan analisa. Di samping untuk menganalisa dan untuk
menginterpretasi data. Sesuai dengan itu, Arief (1982, p. 415) mengatakan, “metode
deskriftif ini juga menetapkan sifat dan situasi yang terjadi pada waktu tertentu”. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kerjasama Guru dengan Orangtua Murid
terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa. | en_US |
dc.description.abstract | The role of parents in the family is crucial in shaping the future of their children as well as
education which in essence is a human effort to humanize the man himself. The position of
teachers as educators and counselors are not only with teaching materials that are used but
with his whole personality. In addition, the private teacher is a unity between personal traits
as educators, teachers and counselors, and can be interpreted as an example or role model.
The method used is descriptive research that is deliberately designed to analyze and interpret
data and determine the relationship or influence of independent variables on the dependent
variable, and then draw conclusions on the data collected and analyzed. In addition to
analyzing and interpreting the data. Accordingly, Arief (1982, p. 415) says, "This descriptive
method also stipulate the nature and circumstances that occur at a particular time". The
purpose of this study was to determine the effect of cooperation with the Parent Teacher to
increase learning activities of the students. | en_US |
dc.publisher | Jurnal Dinamika Pendidikan UKI | en_US |
dc.relation.ispartofseries | Vol 8;No. 2 | |
dc.subject | Kerjasama guru dengan orangtua | en_US |
dc.subject | aktivitas belajar | en_US |
dc.title | PENGARUH KERJASAMA GURU DENGAN ORANGTUA MURID TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA | en_US |
dc.type | Article | en_US |