Show simple item record

dc.contributor.authorMUNTE, WIDIANTI HARO
dc.date.accessioned2022-01-21T03:51:31Z
dc.date.available2022-01-21T03:51:31Z
dc.date.issued2022-01-21
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6284
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui :a) Tingkat pendapatan usahatani kopi arabika di Kecamatan Sitio-tio, Kabupaten Samosir. b) Sistem pemasaran (saluran pemasaran, margin pemasaran dan efisiensi pemasaran) kopi Arabika di Kecamatan Sitio-tio, Kabupaten Samosir. Penelitian ini dilakukan di 2 desa di Kecamatan Sitio-tio Kabupaten Samosir yaitu Desa Tamba Dolok dan Desa Cinta Maju. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 478 KK dan sampel berjumlah 30 KK dengan penentuan sampel menggunakan metode simple random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Metode analisis ini dilakukan dengan menggunakan analisis deskriftif untuk mencapai dan menjawab tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan total pendapatan usahatani kopi arabika di Kecamatan Sitio-tio, Kabupaten Samosir Rp. 21.757.214 per tahun. Hasil analisa : Saluran dan total margin pemasaran kopi arabika di Kecamatan Sitio-tio Kabupaten Samosir mempunyai 1 (satu) pola saluran pemasaran yaitu : Petani → Pedagang Pengumpul Desa → P. Pengumpul Kecamatan/Kabupaten. Total margin pemasaran pada saluran pemasaran di Desa Cinta Maju yaitu sebesar Rp. 3.000/Kg dan total margin saluran pemasaran di Tamba Dolok sebesar Rp. 5.000/Kg yang dipasarkan dalam bentuk biji kering. Saluran pemasaran di Kecamatan Sitio-tio, Kabupaten Samosir adalah efisien karena bagian yang diterima setiap lembaga pemasaran ≤50%. .en_US
dc.subjectPendapatan Usahatani Kopi,en_US
dc.subjectPemasaran,en_US
dc.subjectKopi Arabikaen_US
dc.titleANALISIS PENDAPATAN USAHATANI DAN SISTEM PEMASARAN KOPI ARABIKA DI KECAMATAN SITIO-TIO KABUPATEN SAMOSIRen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record