Show simple item record

dc.contributor.authorTARIGAN, EMMY SRIMAYANTI
dc.date.accessioned2022-01-20T04:13:13Z
dc.date.available2022-01-20T04:13:13Z
dc.date.issued2022-01-20
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6248
dc.description.abstractPenelitian ini dengan judul Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Menggunakan Media Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika di SMP GBKP Kabanjahe T.P 2021/2022, bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran, terhadap kemampuan belajar siswa SMP GBKP Kabanjahe. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, desain penelitian yang digunakan adalah Two Group Pretest-Posttest Design,dan populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP GBKP Kabanjahe terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan sistem non random sampling, sehingga diperoleh kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 32 siswa dan kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 31 siswa. Instrumen yang digunakan adalah berupa tes hasil belajar sebanyak 20 item dengan bentuk pilihan berganda yang telah divalidkan oleh 2 validator ahli yaitu guru bidang studi IPA SMP. Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata pretestt dan posttest, pada masing-masing kelompok sampel memiliki data yang normal dan telah diuji dengan menggunakan uji Lilliefors menggunakan Ms.excel. Selanjutnya data untuk kedua sampel memiliki varians yang homogen dan telah diuji dengan menggunakan uji F di Ms.excel. Melalui uji t satu pihak untuk data postes kelas eksprimen dan kontrol untuk α = 0,05 Dari data postes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 70,167 dengan standar deviasi 12,211dan nilai rata-rata kelas kontrol 67,667 dengan standard deviasi 12,158. Perhitungan uji t satu pihak postes kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung = 2,794dan ttabel = 1,671 sehingga diperoleh nilai thitung> ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dari aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen nilai rata-rata 72,57besar pengaruh aktivitas belajar sebesar 0,57 %. Dengan demikian, terdapat pengaruh model pembelajaran inkuri terhadap hasil belajar siswa pada materi cahaya di kelas VIII SMP GBKP Kabanjahe semester ganjil TP. 2021/2022. Sedangkan hubungan masing-masing variabelnya berpengaruh melalui uji regresi Y= 29,18+0,57X dan berkorelasi positif kuat.en_US
dc.subjectInkuiri,en_US
dc.subjectHasil Belajar,en_US
dc.subjectCahaya.en_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP GBKP KABANJAHE T.P 2021/2022en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record