dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran fisika secara online di SMA Negeri 1 Gomo tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa angket untuk memperoleh informasi tentang kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran fisika secara online. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IPA SMA Negeri 1 Gomo tahun pelajaran 2021/2022. Berdasarkan analisis statistik deskriptif diperoleh bahwa kemandiran belajar peserta didik kelas IPA SMA Negeri 1 Gomo dalam pembelajaran fisika secara online berada pada kategori tinggi pada lima indikator, yaitu inisiatif belajar, mendiagnosa kebutuhan belajar, menetapkan target atau tujuan, memanfaatkan dan mencari sumber yang relevan, serta memilih dan menerapkan strategi belajar. Dan pada indikator memandang kesulitan sebagai tantangan, mengevaluasi proses hasil belajar serta konsep diri (self efficacy) peserta didik berada pada kategori sangat tinggi. | en_US |