dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar dan lingkungan belajar serta variasi mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Sipahutar Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sipahutar Tahun Ajaran 2020/2021. Metode Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Analisis Regresi Berganda, Uji Simultan ( Uji-F ), Uji Parsial ( Uji-t ) dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin belajar dan lingkungan belajar serta variasi mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, yang menunjukkan bahwa nilai 〖 t〗_hitung > t_tabel ( 6,790 > 2,013 ) untuk variabel disiplin belajar dan ( 7,893 > 2,013 ) untuk variabel lingkungan belajar serta ( 7,791 > 2,013 ) dan nilai signifikan < a ( 0,00<0,05 ). Kemudian Untuk Uji F ( 38,132 > 2,87 ). Terdapat pengaruh positif disiplin belajar dan lingkungan belajar serta variasi mengajar guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan persamaan regresi Y = 40,667 + 0,472X1 + 0,186X2 + 0,997X3. | en_US |