• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH METODE KWL (KNOW, WANT TO KNOW, LEARNED) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI UNSUR INTRINSIK DAN UNSUR EKSTRINSIK CERPEN OLEH SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 SIGUMPAR TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

    Thumbnail
    View/Open
    Dahliana.pdf (367.0Kb)
    Date
    2017-09-18
    Author
    Dahliana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh metode KWL (Know, Want to know, Learned). Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sigumpar Toba Samosir tahun pembelajaran 2017/2018 berjumlah 116. Sampelnya ada 30 siswa dengan menggunakan cluster sampling. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes untuk memahami unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik cerpen. Data skor berupa skor hasil memahami unsur intrinsik dan unsur ektrinsik cerpen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan desain One Group Pre-tes-Post-tes Design dan instrumen penelitiannya adalah memahami unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik cerpen yang berbentuk tes pilihan berganda. Untuk melihat Pengaruh Metode KWL (Know, Want to know, Learned) Terhadap Kemampuan Memahami Unsur Intrinsik dan Unsur Ekstrinsik Cerpen akan diuji dengan menggunakan statistik “t”. Data yang diperoleh dianalisis dengan mencari Mean (nilai rata•rata) yaitu ∑ dengan menggunakan rumus : Mx = ∑ untuk variabel x hasilnya 54,3 dan rumus My = untuk variabel y hasilnya adalah 77,46. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat dikatakan bahwa nilai tes posttest lebih tinggi dari nilai pretest Pengujian hipotesis ini dilakukan dengan uji “t” dengan rumus. √ Nilai ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk (n1 + n2) – 2= (30+30-2) = 58. Maka diperoleh taraf signifikansi 5% = 1,984. Oleh sebab itu, diperoleh thitung > ttabel (12,05>1,67155) oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa metode KWL (Know, Want to know, Learned) lebih berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan memahami unsur intrinsik dan unsur ektrinsik cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sigumpar Toba Samosir tahun pembelajaran 2017/2018.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/619
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [514]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback