• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Kemampuan Membedakan Paragraf Deduktif dan Induktif Pada Siswa Kelas XI SMA Parulian 1 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017.

    Thumbnail
    View/Open
    Susanti.pdf (253.5Kb)
    Date
    2016-09-21
    Author
    Susanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap kemampuan membedakan paragraf deduktif dan induktif pada siswa kelas XI SMA Parulian 1 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Populasi sebanyak 103 orang, sampel sebanyak 35 orang dengan cara cluster sampling. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain eksperimen one group pre-test pos-test. Instrumen penelitian berupa pilihan berganda, dilakukan dua (2) kali yakni pada pre-test dan pos-test.. Sebelum melakukan pengujian hipotesis lebih dahulu dilakukan teknik analisis data,menentukan nilai rata-rata, standar deviasi, kemudian uji validitas, reabilitas, normalitas, homogenitas. Dari pengolahan data diperoleh hasil kemampuan pada pre-test dengan mean= 39,57, Standar Deviasi=12,03. Uji validitas Pre-test rhitung (0,609) > rtabel (0,334), Uji reabilitas Pre-test rhitung (0,702) > rtabel (0,334), Uji normalitas pre-test Lhitung< Ltabel (0,1155< 0,1497) normal, sedangkan pada pos-test dengan mean 73,57, SD=11,85, Uji validitas P0st-test rhitung (0,462) > rtabel (0,334), Uji reabilitas Post-test rhitung (0,660) > rtabel (0,334), dan pada uji normalitas pos-test Lhitung< Ltabel (0,0903< 0,1497), normal. Kemudian pada Uji homogenitas Fhitung < Ftabel (1,029 < 1,776) kedua data homogen ,uji hipotesis hasil thitung = 41,16 dan ttabel = 2,8, maka diperoleh thitung > ttabel (41,16 > 2,8). Berdasarkan hal tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) memiliki pengaruh terhadap kemampuan membedakan paragraf deduktif dan induktif pada siswa kelas XI SMA Parulian 1 Medan Tahun Pelajaran 2016/ 2017.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/617
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [514]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback