Pengaruh Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Kemampuan Membedakan Paragraf Deduktif dan Induktif Pada Siswa Kelas XI SMA Parulian 1 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017.
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap kemampuan membedakan paragraf deduktif dan induktif pada siswa kelas XI SMA Parulian 1 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Populasi sebanyak 103 orang, sampel sebanyak 35 orang dengan cara cluster sampling.
Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain eksperimen one group pre-test pos-test. Instrumen penelitian berupa pilihan berganda, dilakukan dua (2) kali yakni pada pre-test dan pos-test.. Sebelum melakukan pengujian hipotesis lebih dahulu dilakukan teknik analisis data,menentukan nilai rata-rata, standar deviasi, kemudian uji validitas, reabilitas, normalitas, homogenitas.
Dari pengolahan data diperoleh hasil kemampuan pada pre-test dengan mean= 39,57, Standar Deviasi=12,03. Uji validitas Pre-test rhitung (0,609) > rtabel (0,334), Uji reabilitas Pre-test rhitung (0,702) > rtabel (0,334), Uji normalitas pre-test Lhitung< Ltabel (0,1155< 0,1497) normal, sedangkan pada pos-test dengan mean 73,57, SD=11,85, Uji validitas P0st-test rhitung (0,462) > rtabel (0,334), Uji reabilitas Post-test rhitung (0,660) > rtabel (0,334), dan pada uji normalitas pos-test Lhitung< Ltabel (0,0903< 0,1497), normal. Kemudian pada Uji homogenitas Fhitung < Ftabel (1,029 < 1,776) kedua data homogen ,uji hipotesis hasil thitung = 41,16 dan ttabel = 2,8, maka diperoleh thitung > ttabel (41,16 > 2,8).
Berdasarkan hal tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) memiliki pengaruh terhadap kemampuan membedakan paragraf deduktif dan induktif pada siswa kelas XI SMA Parulian 1 Medan Tahun Pelajaran 2016/ 2017.