Efektivitas Metode Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Deskriptif Oleh Siswa Kelas X SMA Swasta Parulian 1 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode CPS (Creative Problem Solving) terhadap kemampuan menulis paragraf deskriptif oleh siswa kelas X SMA Swasta Parulian 1 Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas X A SMA Swasta Parulian 1 Medan tahun pembelajaran 2016/1017 yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 105 orang. Dari populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 30 orang yakni kelas X A yang dipilih secara random sampling.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Dengan masalah dan tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan menulis paragraf deskriptif siswa. Untuk memperoleh data, instrumen yang digunakan adalah tes penugasan.
Dari analisa data diperoleh hasil pretest siswa sebelum menggunakan metode CPS (Creative Problem Solving) menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 57,9 sedangkan, hasil posttest siswa sesudah menggunakan metode CPS (Creative Problem Solving) menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 80,9
Hasil uji hipotesis dengan uji-t diperoleh harga thitung = 12,43 sedangkan Nilai ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 adalah 2,000. Oleh sebab itu, diperoleh thitung> ttabel (12,43 > 2,000). Maka Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode CPS (Creative Problem Solving) efektif digunakan dalam menulis paragraf deskriptif siswa kelas X SMA Swasta Parulian 1 Medan tahun pembelajaran 2016/2017.