HUBUNGAN PENGUASAAN KALIMAT AKTIF DAN KALIMAT PASIF DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP PARULIAN 1 MEDANT.P. 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguasaan kalimat aktif dan kalimat pasif dengan kemampuan menulis teks berita. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Parulian 1 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang bejumlah 102 orang, dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah dengan cara random sampling dengan 20% : 102 sehingga sampel berjumlah 20 orang. Metode yang digunakan adalah deskriptif korelasional, yaitu suatu cara atau teknik penelitian yang mengungkapkan fakta yang jelas tentang gejala-gejala serta hubungan yang ada pada suatu objek penelitian alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes objektif (pilihan ganda) dan tes penugasan.
Instrumen yang digunakan untuk menjaring kedua variabel yang diteliti adalah tes penguasaan kalimat aktif dan kalimat pasif sebagai variabel X berbentuk tes objektif (pilihan ganda) sebanyak 20 item, dan tes kemampuan menulis teks berita sebagai variabel Y berbentuk tes penugasan yaitu menulis teks berita. Untuk melihat besarnya pengaruh penguasaan kalimat aktif dan kalimat pasif terhadap kemampuan menulis teks berita teknik analisis data dengan menggunakan rumus untuk menghitung koefisien korelasi adalah rumus Product Moment.
r_xy=(N∑▒〖XY-(∑▒〖X)(∑▒〖Y)〗〗〗)/√([N∑▒X^2 -(∑▒〖X)^2 〗][N∑▒Y^(2-∑▒〖Y)^2 〗) ] )
Berdasarkan teknik analisis data ditemukan hasil penelitian yakni penguasaan kalimat aktif dan kalimat pasif tergolong baik dengan nilai rata-rata70, dan kemampuan menulis teks berita tergolong baik dengan nilai rata-rata 74,3. Hubungan Penguasaan Kalimat Aktif dan Kalimat Pasif dengan kemampuan menulis teks berita adalah signifikan dimana rhitung> rtabel pada taraf signifikan 95% = 0,695> 0,325 maka penelitian menyimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari penguasaan kalimat aktif dan kalimat pasif dengan menulis teks berita.