PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP SELF-EFFICACY MAHASISWA YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI DI UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap self-efficacy mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Universitas HKBP Nommensen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan bantuan program SPSS for Windows 17.00. Penelitian ini menggunakan dua skala, yaitu skala Kecerdasan Emosional yang disusun berdasarkan aspek Kecerdasan Emosional menurut Goleman (2001) dan skala Self-efficacy yang disusun berdasarkan aspek-aspek Self-efficacy menurut Bandura (1997). Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 di Universitas HKBP Nommensen dengan jumlah sampel 287 orang mahasiswa. Berdasarkan uji hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap self-efficacy mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Universitas HKBP Nommensen dengan nilai korelasi yaitu sebesar 0,205 yang Artinya kecerdasan emosional memberikan kontribusi terhadap self-efficacy sebesar 20,5% sedangkan sisanya 79,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Semakin tinggi kecerdasan mahasiswa, maka semakin tinggi self-efficacy nya dalam mengerjakan skripsi. Peneliti lain yang tertarik untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan variabel kecerdasan emosional dan self-efficacy diharapkan untuk mempertimbangkan variabel-variabel lain yang berkaitan dengan kecerdasan emosional dan self-efficacy.
Collections
- Ilmu Psikologi [287]