Hubungan Penguasaan Gaya Bahasa Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kuala Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Model Learning Cycle (LC)TerhadapKemampuan MenulisParagrafDeskripsiOlehSiswaKelas XSMA Negeri 8 Medan T.A. 2016/2017. Jumlah populasi sebanyak 288 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yakni kelas X IPS3 dan X IPS1.
Metode yang digunakan dalam metode penelitian ini adalah metode Eksperimen atau true experimental design (model Learning Cycle /LC) danKelas konvensional (ceramah). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan post test untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Model Learning Cycle (LC)TerhadapKemampuan MenulisParagrafDeskripsiOlehSiswaKelas XSMA Negeri 8 Medan T.A. 2016/2017.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji ‘’t’’. Dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini berarti hasil kemampuan menulisparagraf deskripsi menggunakan model Learning Cycle (LC)efektif dibandingkan sebelum menggunakan model Learning Cycle (LC)terhadap kemampuan menulisparagraf deskripsi.
Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata dengan model pembelajaran Learning Cycle (LC)= 71,11 ; SD = 13,79, sedangkan dengan metode pembelajaran konvensional = 59,66 ; SD = 9,62. Untuk harga t_tabeldengan α = 0,05 dan dk 70 diperoleh1,67. Maka, dapat dilihat dari daftar tabel distribsi t. Jadi t_hitung= 2,45 sehingga t_hitung>t_tabel, yaitu 4,83>2,004. Maka dalam hal ini hipotesis menyatakan Model Learning Cycle (LC)efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi. Hipotesis alternatif (Ha) diterima, dan Hipotesis nihil (0) ditolak.
Akhirnya dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Learning Cycle (LC)efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa SMA Negeri 8 MedanT.A. 2016/2017.