HUBUNGAN PENGGUNAAN PREFIKS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGANEKSPOSISI OLEH SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui antara Hubungan Penggunaan Prefiks Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi Oleh Siswa Kelas X SMK Negeri 7 Medan.Populasi siswa 216 orang dengan jumlah tersebut maka sample yang akan diambil dari populasi berjumblah 36 siswa. Metode yang digunakan adalah metode deskriftif korelasional. Instrumen penelitian untuk penggunaan prefiks adalah mengumpulkan data tes objektif yang terdiri dari 20 butir soal. Teknik yang digunakan adalah teknik analisis data Product Moment dengan rumus angka sebagai berikut:
rxy=(n∑▒〖xY-(∑▒〖X)(∑▒〖Y)〗〗〗)/(√({n∑▒x^(2 ) )–(∑▒〖X)〗^2 }{n∑▒〖Y^2-(∑▒〖〖Y)〗^2}〗〗)
Dari hasil penelitian diperoleh hasil nilai rata-rata penggunaan prefiks adalah 74,1 standart deviasi 11,49. Nilai rata-rata untuk kemampuan menulis karangan eksposisi 72,2 , standart deviasi 8,45. Berdasarkan uji normalitas hasil penggunaan prefiks dan kemampuan menulis karangan eksposisi dinyatakan berdistribusi normal. Berdasarkan tabel product moment pada taraf 5 % dan di peroleh r_(t ) = 0,329 karena r_(h )0,787r_(h )>r_(t )maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Hubungan Penggunaan Prefiks Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi Oleh Siswa Kelas X SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.