dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kelas VIII SMP Negeri 4 Lubuk Pakam tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Banyaknya populasi 128 siswa yang terdiri dari 4 kelas karena populasi lebih dari 100 maka, setiap kelas akan diambil 25% siswa. Jadi masing-masing perkelas diambil sampel 8, total semuannya dari kelas A sampai D yaitu ada 32 siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji multikolineritas, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis persial (uji t), dan uji persial secara simultan (uji f).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa uji f sebesar 57,102 dimana fhitung > ftabel yaitu 57,102 > 3,30 dan nilai signifikan sebesar 0,00 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara kemandirian belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Lubuk Pakam tahun ajaran 2021/2022. | en_US |