Show simple item record

dc.contributor.authorBr. BANGUN, VERA CHRISTIAN
dc.date.accessioned2022-01-14T03:31:22Z
dc.date.available2022-01-14T03:31:22Z
dc.date.issued2022-01-14
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6087
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kelas VIII SMP Negeri 4 Lubuk Pakam tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Banyaknya populasi 128 siswa yang terdiri dari 4 kelas karena populasi lebih dari 100 maka, setiap kelas akan diambil 25% siswa. Jadi masing-masing perkelas diambil sampel 8, total semuannya dari kelas A sampai D yaitu ada 32 siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji multikolineritas, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis persial (uji t), dan uji persial secara simultan (uji f). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa uji f sebesar 57,102 dimana fhitung > ftabel yaitu 57,102 > 3,30 dan nilai signifikan sebesar 0,00 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara kemandirian belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Lubuk Pakam tahun ajaran 2021/2022.en_US
dc.subjectPengaruh Kemandirian Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 4 LUBUK PAKAM T.A 2021/2022en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record