dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendapatan orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Swasta HKBP Sidikalang.Dalam penelitian ini pendapatan orang tua dan motivasi belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat.Populasi sebanyak 57 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan angket.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan maka diperoleh model persamaan Y=13,716+0,401 X1+0,379X2. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung> ttabel (4,828 > 1,671) dengan taraf signifikansi sebesar 0,000<0,05 dan motivasi belajar nilai thitung > ttabel (3,224 > 1,671) dengan taraf signifikan sebesar 0,002<0,005. Nilai F hitung > F tabel yaitu 13,716>3,16. Nilai koefisien determinasi (R2tabel ) sebesar 39%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pendapatan orang tua dan motivasi belajar secara parsial berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Swasta HKBP Sidikalang. (2) Pendapatan orang tua dan motivasi belajar secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Swasta HKBP Sidikalang. (3) Motivasi belajar lebih dominan berpengaruh terhadap hasil belajar pada mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Swasta HKBP Sidikalang. | en_US |