• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE ENAM TAHAP BERPIKIR (SIX THINKING HATS) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI Di SMP NEGERI 3 PAKKAT

    Thumbnail
    View/Open
    ROSNITA SIMATUPANG.pdf (321.2Kb)
    Date
    2022-01-06
    Author
    SIMATUPANG, ROSNITA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode enam tahap berfikir terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pakkat T.A 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif Eksperimen dengan desain penelitian Two grup pretest dan posttest design . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dengan jumlah 64 siswa dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A sebanyak 32 siswa dan VIII-B sebanyak 32 siswa yang ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji F, uji Homogenitas dan uji Hipotesis. Setelah dilakukan penelitian untuk eksperimen pretest dan posttest penggunaan Metode Enam Tahap Berfikir, diperoleh nilai rata-rata pretest kelas kontrol yaitu 58,43 dengan simpangan baku 5,42 dan kelas ekperimen yaitu 55,84 dengan simpangan baku 6,08 dan nilai rata-rata pada posttest kelas kontrol yaitu 58,18 dengan simpangan baku 5,3 dan pada kelas eksperimen yaitu 81,03 dengan simpangan baku 7,12. Hasil uji prasyarat data pretest dan posttest menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen. Dari hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” pada taraf signifikan ⍺ =0,05, diperoleh thitung > ttabel (14,31 > 1,999), dengan demikian bahawa H0 ditolak, dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan Metode Enam Tahap Berfikir di SMP Negeri 3 Pakkat
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5935
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [523]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback