Show simple item record

dc.contributor.authorSITORUS, ANJO SAPUTRA
dc.date.accessioned2021-12-20T02:24:07Z
dc.date.available2021-12-20T02:24:07Z
dc.date.issued2021-12-20
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5909
dc.description.abstractPenelitian ini dengan judul Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Animasi dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Getaran dan Gelombang Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Kelas VIII SMP Swasta Parulian 1 Medan, bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran, terhadap kemampuan belajar siswa di SMP Swasta Parulian 1 Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, desain penelitian yang digunakan adalah Two Group Pretest-Posttest Design, dan populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Parulian 1 Medan terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan sistem purposive sampling, sehingga diperoleh kelas VIII 3 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 25 siswa dan kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 25 siswa. Instrumen yang digunakan adalah berupa tes hasil belajar sebanyak 20 item dengan bentuk pilihan berganda yang telah divalidkan oleh 2 orang guru bidang studi IPA SMP. Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata pretestt dan posttest, pada masing-masing kelompok sampel memiliki data yang normal dan telah diuji dengan menggunakan uji Lilliefors menggunakan SPSS. Selanjutnya data untuk kedua sampel memiliki varians yang homogen dan telah diuji dengan menggunakan uji F SPSS. Uji Hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan uji t (uji satu pihak). Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa tsignifikansi < t yaitu (0,000 < 0,05)). maka hasil hipotesis Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika yang diajarkan melalui model pembelajaran inkuiri berbantuan media animasi dengan pendekatan saitifik untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa pada materi Getaran dan Gelombang di Kelas VIII SMP Swasta Parulian 1 Medan ada peningkatan kemampuan belajar siswa. Peningkatan kemampuan belajar siswa sebesar 15,5% pada kelas eksperimen dan kontrol disebabkan oleh adanya perbedaan pemberian perlakuan terhadap kedua kelas.en_US
dc.subjectModel pembelajaran inkuiri,en_US
dc.subjectAnimasi,en_US
dc.subjectKemampuan belajar.en_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA ANIMASI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMP SWASTA PARULIAN 1 MEDANen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record