• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan menganalisis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Yayasan Pendidikan Nusantara (YPN) Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2019/2020

    Thumbnail
    View/Open
    FRISKA NASUTION.pdf (249.3Kb)
    Date
    2021-12-16
    Author
    NASUTION, FRISKA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Masalah dalam penelitian ini adalah pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan mengananalisis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Yayasan Pendidikan Nusantara Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan menggambarkan model discovery learning dengan kemampuan menganalisis teks eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/I kelas VIII SMP Yayasan Pendidikan Nusantara (YPN) Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 216. Dari populasi tersebut ditetapkan sampel berjumlah 36 orang. Dengan menggunakan teknik random sampling (teknik acak). Untuk memperoleh data yang diperlukan digunakan tes objektif untuk kemampuan menganalisis teks eksplanasi dan menggunakan tes objektif dengan model discovery leaning dalam kemampuan menganalisis teks eksplanasi. Dari analisis yang diperoleh kemampuan menganalsis teks eksplanasi sebelum menggunakan model discovery learning menunjukkan rata-rata siswa sebesar 60,97 sedangkan hasil kemampuan menganalisis teks eksplanasi dengan menggunakan model discovery learning menunjukkan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 77,50. Hasil uji hipotesi dengan uji t diperoleh thitung 2,3780 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan α = 0.5 adalah 1,6669. Oleh sebab itu diperoleh thitung > ttabel (2,3780 > 1,6669), maka hipotesis alterative (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menganalisis teks eksplanasi.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5849
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [548]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback