Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Kristen terhadap Kedisiplinan Siswa T.A 2020/2021 (Studi Kasus Di Kelas X SMK Swasta Arina Sidikalang)
Abstract
Kompetensi Pedagogik merupakan salah satu kompetensi mutlak yang perlu dikuasai guru karena guru yang tidak mempunyai kompetensi dalam mengelola pembelajaran akan sulit mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Pendidikan Agama Kristen adalah suatu usaha untuk mempersiapkan manusia menyakini, memahami, dan mengamalkan agama kristen itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru PAK terhadap kedisiplinan siswa kelas X SMK Swasta Arina Sidikalang T.A 2020/2021.
Definisi operasional adalah variabel independen yaitu Kompetensi Pedagogik Guru PAK (X) dan variabel dependen-nya adalah Kedisiplinan Siswa (Y). Jenis metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu dengan cara memberikan angka dari data yang telah diperoleh dari hasil penelitian. Teknik pengumpulan data adalah observasi, angket (kuesioner) dan analisis data dengan menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji kolerasi dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara pengaruh kompetensi pedagogik guru PAK terhadap kedisiplinan siswa kelas X SMK Swasta Arina Sidikalang.
Guru PAK SMK Swasta Arina Sidikalang sebaiknya lebih meningkatkan kompetensi pedagogik, terutama pada kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran