PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SISWA KELASIV-VI SD NEGERI 167699 TEBING TINGGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Video Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas IV-VI SD Negeri 167699 Tebing Tinggi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen quasi atau eksperimen semu, dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV-VI SD Negeri 167699
Tebing Tinggi yang berjumlah 40 orang. Dimana semua populasi diangkat menjadi sampel karena seluruh siswa kelas IV-VI SD Negeri 167699 kurang dari 100 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Angket. Hasil penghitungan reliabilitas bahwa untuk variable X diperoleh r11 = 0,902 dan untuk variable Y r11 = 0,833 maka soal untuk variable X dan Y adalah tingkat reliabilitas sangat tinggi. Untuk uji normalitas variabel X
�2hitung(4,591) < �2tabel (11,071) adalah berdistribusi Normal dan variabel Y �2hitung (4,018) < �2tabel (11,071) adalah berdistribusi normal.
Hasil perhitungan dengan menggunakan uji regresi sederhana dimana Ŷ =
12,11+0,40X sehingga terdapat pengaruh yang positif oleh X terhadap Y. Setelah dilakukannya pengolahan data didapatkan hasil R Square sebesar
0,590 atau 59,0%, dapat dikatakan bahwa X mampu menjelaskan Y sebesar
59,0%. Artinya media pembelajaran video dapat memberi pengaruh yang baik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas IV- VI SD Negeri 167699
Tebing Tinggi, sehingga diharapkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran video yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.