Gambaran Self Regulated Learning pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen selama Masa Pembelajaran Daring
Abstract
Pendahuluan : Pada sebuah proses pembelajaran, terdapat perbedaan individual mahasiswa dalam proses belajar. Salah satu perbedaan tersebut ialah kemampuan mengatur diri dalam belajar atau self-regulated learning mahasiswa yang berbeda antara mahasiswa satu dengan yang lain. Pada masa pandemi, Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen telah mengubah hampir seluruh pembelajaran seara daring. Lingkungan pembelajaran berubah, dan hal ini mengakibatkan perubahan proses belajar. Lingkungan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi SRL. Gambaran SRL pada mahasiswa semasa belajar secara daring dapat menjelaskan lingkungan mempengaruhi SRL.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran SRL pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen berdasarkan jenis kelamin dan Tahun Angkatan.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional. Jumlah sampel yaitu 212 responden yang dipilih dengan menggunakan metode total sampling. Data yang diperoleh merupakan data primer melalui kuesioner.
Hasil : Gambaran SRL berdasarkan jenis kelamin dengan kategori rendah, pada laki laki (14,7%), perempuan (15,9%). Kategori sedang pada laki laki (65,5%), perempuan (73,5%). Kategori tinggi pada laki laki (19,6%), perempuan (10,6%). Gambaran SRL berdasarkan tahun angkatan dengan kategori rendah, pada Angkatan 2018 (20,3%), Angkatan 2019 (14,8%), Angkatan 2020 (11,9%). Kategori sedang pada Angkatan 2018 (75,0%), Angkatan 2019 (74,1%), Angkatan
2020 (64,2%). Kategori tinggi pada Angkatan 2018 (4,6%), Angkatan 2019 (11,1%), Angkatan 2020 (23,9%).
Kesimpulan : Gambaran SRL berdasarkan jenis kelamin dengan kategori tinggi paling besar persentasenya pada laki laki yaitu 19,6%. Gambaran SRL berdasarkan tahun angkatan dengan kategori tinggi paling besar persentasenya pada Angkatan
2020 yaitu 23,9%.
Collections
- Pendidikan Dokter [415]