Show simple item record

dc.contributor.authorLUMBANTOBING, JANE FONDA
dc.date.accessioned2021-12-09T03:50:46Z
dc.date.available2021-12-09T03:50:46Z
dc.date.issued2021-12-09
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5685
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel bebas (kemandirian belajar) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP negeri 2 nainggolan tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini ada sebanyak 61 siswa, yaitu 50% dari populasi yang ada dalam penelitian. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pengisisna kuisioner. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah, uji normalitas, uji linearitas, analisis regresi sederhana, uji keberartian regresi, dan uji koefisien kolerasi determinasi. Dari hasil penelitian menunujukkan bahwa kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Yang ditunjukkan dengan nilai fhitung > ftabel (15,225 > 4,004), Thitung > Ttabel (4,119 > 2,001) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Terdapat pengaruh positif kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan persamaan regresi Y = 44,609 + 0,494x.en_US
dc.subjectKemandirian Belajar,en_US
dc.subjectPrestasi Belajaren_US
dc.title“Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Pretasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 2 Nainggolan Tahun Ajaran 2020/2021”en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record