dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar siswa kelas IX SMPS Advent 1 Medan pada mata pelajaran IPS selama pandemic covid-19 T.A 2020/2021. Jenis penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMPS Advent 1 Medan Tahun ajaran 2020/2021. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji regresi sederhana, uji keberartian regresi dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran e-learning terdapat adanya efektivitas dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, yang menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (2,488 > 2,064) dan nilai signifikan < a (0,00 < 0.05). Terdapat adanya efektivitas positif media pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar IPS siswa dengan persamaan regresi Y = 34,396 + 0,826 X | en_US |