Show simple item record

dc.contributor.authorBUULOLO, FEBRIUS
dc.date.accessioned2021-12-08T06:03:47Z
dc.date.available2021-12-08T06:03:47Z
dc.date.issued2021-12-08
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5678
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran fisika yang berbasis secara online di SMA Negeri 1 Amandraya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif dengan populasi yaitu seluruh peserta didik SMA Negeri 1 Amandraya. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 3 kelas yang dipilih secara langsung dengan teknik teknik purposive sampling yaitu kelas seluruh kelas IPA di SMA Negeri 1 Amandraya. Data diperoleh melalui pengisian lembar angket yang diberikan kepada peserta didik dan guru untuk mengetahui kategori motivasi belajar fisika peserta didik, jumlah angket yang diberikan kepada peserta didik berjumlah 43 item, dan jumlah angket yang diberikan kepada guru berjumlah 15 item. Penelitian ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Google Form, dan Whatsapp. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar fisika peserta didik yang dianalisis berdasarkan respon peserta didik dan respon guru adalah pada indikator cita-cita dan aspirasi peserta didik rata-rata respon peserta didik 79 (Baik) dan respon guru 80 (Baik), indikator kemampuan peserta didik rata-rata respon peserta didik 69 (Baik) dan respon guru 57 (Cukup), indikator kondisi peserta didik rata-rata respon peserta didik 78 (Baik) dan respon guru 85 (Sangat Baik), indikator upaya guru dalam membelajarkan peserta didik rata-rata respon peserta didik 85 (Sangat Baik) dan respon guru 83 (Sangat Baik), indikator kondisi lingkungan peserta didik rata-rata respon peserta didik 80 (Baik) dan respon guru 75 (Baik), indikator dan fasilitas belajar peserta didik rata-rata respon peserta didik) 64 (Baik) dan respon guru 45 (cukup). Rata-rata keseluruhan indikator motivasi belajar fisika dari respon peserta didik dan guru di ambil sebesar 85% dan 15%, sehingga nilai rata-rata dari keseluruhan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran fisika berbasis online adalah sebesar 75,2 masuk dalam kategori baik.en_US
dc.subjectMotivasi Belajar,en_US
dc.subjectPembelajaran online,en_US
dc.subjectFisikaen_US
dc.titleANALISIS MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ONLINE SMA NEGERI 1 AMANDRAYAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record