Analisis Usahatani dan Sistem Pemasaran Bawang Merah (Studi Kasus : Desa Marbun Tonga Marbun Dolok, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan)”
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pendapatan usahatani bawang merah di Desa Marbun Tonga Marbun Dolok 2) Mengetahui efisiensi usahatani bawang merah di Desa Marbun Tonga Marbun Dolok 3) Mengetahui sistem pemasaran (saluran, margin dan efisiensi pemasaran) bawang merah di Desa Marbun Tonga Marbun Dolok, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan.
Dalam penelitian ini jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder dimana digunakan metode analisis deskriptif. Penetuan penelitian dilakukan dengan secara sengaja (Purposive sampling). Proses pengambilan sampel dengan Acciedental Sampling adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan.
Hasil penelitian menunjukkan total pendapatan usahatani bawang merah Rp. 10.316.562. Efisiensi yang diperoleh dari bawang merah R/C adalah 2,36 usahatani bawang merah layak untuk diusahakan. Saluran pemasaran bawang merah di Desa Marbun Tonga Marbun Dolok yaitu:
1. Petani P. Pengumpul Desa P. Pengecer Konsumen
2. Petani P. Pengecer Konsumen
3. Petani P. Pengumpul Desa P. Besar (Kota) P. Pengecer Konsumen.
Total margin pemasaran pada saluran I yaitu sebesar Rp. 3.000/Kg, total margin pemasaran saluran II yaitu sebesar Rp. 2.000/Kg dan total margin Pemasaran saluran III yaitu sebesar Rp. 6.000/Kg. Saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran pemasaran II.
Collections
- Agribisnis [264]