STRATEGI KOMUNIKASI KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) KOTA MEDAN DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN WALIKOTA MEDAN TAHUN 2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi komisi pemilihan umum (KPU) Kota Medan dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan Walikota Medan tahun 2020 dan faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan Walikota Medan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Ketua KPU dan Komisioner KPU sebagai Informan Kunci dan Masyarakat sebagai Informan Utama. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan sudah terlaksana secara optimal, walaupun masih adanya ditemukannya kendala-kendala dalam melaksanakan strategi komunikasi dikarenakan beberapa faktor penghambat yaitu kesadaran politik masyarakat yang rendah artinya sebagai warga negara yang baik memiliki pengetahuan dan kesadaran akan hak dan kewajibannya yang berkaitan lingkungan masyarakat. Oleh karena itu disarankan masyarakat untuk lebih sering mengikuti informasi baik dari media massa maupun mengikuti sosialisasi yang diadakan KPU Kota Medan.
Collections
- Ilmu Administrasi Negara [268]