• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Agama Kristen
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Agama Kristen
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUHNMOTIVASI PAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP N 3 MEDAN

    Thumbnail
    View/Open
    FHAULINA LUMBAN RAJA.pdf (339.1Kb)
    Date
    2021-10-27
    Author
    LUMBAN RAJA, FHAULINA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini berjudul Pengaruh Motivasi Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Medan. Seorang Guru Pendidikan Agama Kristen harus mampu memberikan motivasi dan insipirasi baru yang membangun siswa, dengan demikian mampu membuat siswa tersebut memiliki keinginan belajar yang baik. Sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa tersebut. Motivasi dari seorang guru dapat memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Prestasi belajar adalah hasil yang telah dicapai oleh siswa. Prestasi belajar memiliki 3 ranah yaitu ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hasil belajar sering di lihat dari bagaimana tingkat kemampuan memahami dan berpikir dari peserta didik tersebut. Oleh sebab itu penulis memilihi satu ranah yakni ranah kognitif yaitu meliputi kemampuan pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi. Adapun hipotesis penelitian ini adalah Ho: Tidak terdapat pengaruh motivasi guru pendidikan agama Kristen terhadap prestasi belajar siswa dan Ha: Terdapat pengaruh dari motivasi guru pendidikan agama Kristen terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kuantitatif dengan sampel sebanyak 48 orang siswa. Pengembangan instrument dalam penelitian ini menggunakan uji coba terpakai. Hasil validitas instrument yang nilai minimal validitasnya adalah 0.320 dan reliabilitiasnya 0.791. Dari hasil penelitian di dapatkan nilai signifikansi sebesar 0.002 yang artinya lebih kecil dari α=0.05. Hal tersebut membuktikan bahwa motivasi guru pendidikan agama Kristen secara signifikan mempengaruhi prestasi belajar siswa. Adapun pada table coefficient menunjukan nilai konstan =21.378 dan nilai motivasi guru =0.29X. Sehingga diperolehlah persamaan regresi Y ̂= 21,378 + 0,287. Motivasi Guru PAK dikategorikan cukup dengan nilai mean 85.48 dan prestasi belajar dikategorikan cukup dengan mean 45.88.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5470
    Collections
    • Pendidikan Agama Kristen [67]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback