PENGARUH MOTIVASI PAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP N 3 MEDAN
Abstract
Penelitian ini berjudul Pengaruh Motivasi Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Medan. Seorang Guru Pendidikan Agama Kristen harus mampu memberikan motivasi dan insipirasi baru yang membangun siswa, dengan demikian mampu membuat siswa tersebut memiliki keinginan belajar yang baik. Sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa tersebut. Motivasi dari seorang guru dapat memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Prestasi belajar adalah hasil yang telah dicapai oleh siswa. Prestasi belajar memiliki 3 ranah yaitu ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Hasil belajar sering di lihat dari bagaimana tingkat kemampuan memahami dan berpikir dari peserta didik tersebut. Oleh sebab itu penulis memilihi satu ranah yakni ranah kognitif yaitu meliputi kemampuan pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi. Adapun hipotesis penelitian ini adalah Ho: Tidak terdapat pengaruh motivasi guru pendidikan agama Kristen terhadap prestasi belajar siswa dan Ha: Terdapat pengaruh dari motivasi guru pendidikan agama Kristen terhadap prestasi belajar siswa.
Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kuantitatif dengan sampel sebanyak 48 orang siswa. Pengembangan instrument dalam penelitian ini menggunakan uji coba terpakai. Hasil validitas instrument yang nilai minimal validitasnya adalah 0.320 dan reliabilitiasnya 0.791.
Dari hasil penelitian di dapatkan nilai signifikansi sebesar 0.002 yang artinya lebih kecil dari α=0.05. Hal tersebut membuktikan bahwa motivasi guru pendidikan agama Kristen secara signifikan mempengaruhi prestasi belajar siswa. Adapun pada table coefficient menunjukan nilai konstan =21.378 dan nilai motivasi guru =0.29X. Sehingga diperolehlah persamaan regresi Y ̂= 21,378 + 0,287. Motivasi Guru PAK dikategorikan cukup dengan nilai mean 85.48 dan prestasi belajar dikategorikan cukup dengan mean 45.88.