Pengaruh Pemanfaatan Media E-Learning dan Kemandirian Belajar Terhadap Kreativitas Mahasiswa Pada Mata Kuliah Analisa Laporan Keuangan Fkip Ekonomi Angkatan 2017 Universitas HKBP Nommensen Tahun Ajaran 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media e- learning dan kemandirian belajar terhadap kreativitas mahasiswa pada mata kuliah analisa laporan keuangan Fkip Ekonomi angkatan 20017 Universitas HKBP Nommensen Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fkip Ekonomi angkatan 2017 Universitas HKBP Nommensen Tahun Ajaran
2020/2021. Uji Analisis data yang digunakan Adalah Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Linearitas, Dan Analisis Regresi Berganda. Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Parsial (Uji-T), Uji Simultan (Uji-F), Dan Uji Koefisien Determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media e-learning dan kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kreativitas mahasiswa, yang menunjukkan bahwa variabel pemanfaatan media e-learning nilai thitung > ttabel (2,391 > 2,012) dengan nilai signikansi 0,021 < 0,05, dan variabel kemandirian belajar nilai thitung > ttabel (2,143
> 2,012) dengan nilai signifikansi 0,021 < 0,05). Kemudian untuk Uji-F, nilai fhitung > ftabel (6,854 > 3.191) dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05. Terdapat pengaruh positif pemanfaatan media e-learning dan kemandirian belajar terhadap kreativitas mahasiswa dengan persamaan regresi Y= 10,062 + 0,433X1 + 0,461X2.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]