PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP KINERJA KEUANGAN
Abstract
Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu mekanisme perusahaan untuk secara sadar mengintegrasikan sebuah perhatian terhadap lingkungan sosial ke dalam operasi dan interaksinya dengan stakeholder, yang melampaui tanggungjawab sosial di bidang hukum. Secara sederhana Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan suatu konsep serta tindakan yang dilakukan oleh suatu perusahaan sebagai rasa tanggung jawabnya terhadap sosial serta lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berdiri.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap kinerja keuangan perusahaan Return on Asset ( ROA) yang terdaftar di BEI tahun 2017-2019. Faktor-faktor yang di uji adalah profitabilitas sebagai variabel dependen dan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai variabel independen.
Sampel penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2019. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan studi pustaka. Adapun populasi penelitian ini adalah keseluruhan perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, yakni sebanyak 26 perusahaan. Dengan menggunakan metode purposive sampling, maka jumlah sampel penelitian sebanyak 17 perusahaan dalam setiap periodenya. penelitian ini menggunakan metode Analisis Regresi Logistik.
Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa Corporate Social Responsbility (CSR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuan gan perusahaan yang diukur dengan meningkatkan profitabilitas bagi perusahaan dan kinerja keuangan yang lebih baik.
Collections
- Akuntansi [1801]