PENGARUH KARAKTERISTIK KOMITE AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN SEKTOR KONSUMSI PADA PERIODE 2017-2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh karakteristik komite audit terhadap manajemen laba pada perusahaan sektor konsumsi pada periode 2017-2019. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Independensi komite audit, Ukuran komite audit, jumlah pertemuan komite audit dan manajemen laba.
Populasi dalam penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur sektor konsumsi yang terdaftar dibursa efek indonesia pada periode 2017-2019.
Tehnik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 15 perusahaan, yang diperoleh dengan menggunakan metode pengambilan sampel purposive sampling. Dengan menggunakan metode penggabungan data selama 3 tahun, maka sampel penelitian ini adalah sebanyak 45 perusahaan. Sampel data diuji dengan menggunakan Metode analisis regresi linear berganda dengan hasil meliputi statistika deskriptif, Uji Asumsi klasik (Uji Normalitas, Uji multikoliniearitas, Uji Heteroskedasitas dan Uji Autokelerasi ), Uji Koefesien Determinasi (R square ), dan Uji F ( Uji Simultan).
Hasil dari penelitian yaitu menggunakan Variabel Independensi Komite Audit memiliki pengaruh negatif Signifikan terhadap manajemen laba, Ukuran Komite Audit memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap manajemen laba, Jumlah Pertemuan Komite Audit memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap manajemen laba. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengukur manajemen laba dengan karakteristik komite audit lainya, yang mungkin memiliki pengaruh pada kinerja komite audit.
Collections
- Akuntansi [1723]