ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM MEMILIH PRODUK JASA DI PT. POS INDONESIA (PERSERO) KANTOR POS LUBUK PAKAM 20500
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh antara tiga elemen bauran pemasaran jasa yaitu Product, People, dan Process terhadap Kepuasan Pelanggan dalam memilih produk di PT.Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Lubuk Pakam 20500. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan analisa multiple regresision dan mempergunakan software SPSS V.22 for windows. Sampel dalam penelitian ini adalah 98 orang pelanggan PT.Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Lubuk Pakam 20500 dengan pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengujian asumsi dasar penelitian yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Pengujian asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas dan uji multikolinearitas. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji signifikan parsial (uji – t), uji signifikan simultan (uji – F), dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan Variabel product (X1) memiliki nilai signifikansi 0,245 > α 0,05 artinya secara parsial, variabel product (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasaan pelanggan (Y). Variabel people (X2) memiliki nilai signifikansi 0,000 < α 0,05 artinya secara parsial, variabel people (X2) berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasaan pelanggan (Y). Variabel process (X3) memiliki nilai signifikansi 0,068 > α 0,05 artinya secara parsial, variabel process (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasaan pelanggan (Y). nilai statistik F hitung (10,008 > 2,70) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel product (x1), variabel people (x2), variabel process (X3) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y).
Collections
- Ilmu Administrasi Niaga [205]