PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DI UNIVERSITAS X MEDAN
Abstract
Penelitian ini merupakan kajian untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di Universitas X di Medan. Metode penelitian pengambilan sampel yang digunakan delam penelitian ini adalah Purposive Sampling, yaitu pengambilan sampel dengan cara menetapkan ciri-ciri khusus yang sesuai dengan tujuan penelitian. Adapun sampel dari penelitian initerdiri dari 165 responden Universitas X di Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adala metode kuantitatif dengan independen variabel yaitu, kecerdasan emosional dan dependen variabel yaitu, prestasi belajar.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar yaitu R squere = 0,10% dengan signifikansi 0,000 sehingga dinyatakan terdapat pengaruh antara kecerdasan emosionl (EQ) terhadap prestasi belajar di Universitas X di Medan.
Collections
- Ilmu Psikologi [287]