PERAN OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN PROVINSI SUMATERA UTARA DALAM MENINDAKLANJUTI ADUAN DISTRIBUSI BANTUAN SOSIAL YANG MENYIMPANG DI KOTA MEDAN PADA ERA PANDEMIK COVID-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sumatera Utara Dalam Menindaklanjuti Aduan Distribusi Bantuan Sosial Yang Menyimpang Di Kota Medan Pada Era Pandemik Covid-19. permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1. apakah Peran Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sumatera Utara Dalam Menindaklanjuti Aduan Distribusi Bantuan Sosial Yang Menyimpang Di Kota Medan Pada Era Pandemik Covid-19, 2. apakah kendala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sumatera Utara Dalam Menindaklanjuti Aduan Distribusi Bantuan Sosial Yang Menyimpang Di Kota Medan Pada Era Pandemik Covid-19. penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif sebagai metode analisis data yang mengambil lokasi penelitian di kantor Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sumatera Utara. sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sumatera Utara dan Asisten Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sumatera Utara, data dikumpulkan berdasarkan dengan wawancara dan dokumentasi. hasil penelitian ini menunjukan bahwa Peranan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sumatera Utara dengan menyediakan sarana aduan masyarakat yaitu Posko Pengaduan Daring Covid-19 Ombudsman Republik Indonesia yang efektif dan efesien digunakan oleh masyarakat seluruh Indonesia terkhusus masyarakat kota medan dalam proses pengawasan yaitu laporan masuk, dan ditindaklanjuti oleh Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sumatera Utara dengan beberapa upaya-upaya penanganan laporan seperti Klarifikasi, Investigasi Dan Rekomendasi.
Collections
- Ilmu Administrasi Negara [269]