Efektivitas Strategi Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Proyektor untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Lau Baleng Pada Materi Pokok Pesawat Sederhana TP 2020/2021
Abstract
Jenis penelitian ini adalah True Eksperimental Design dengan desain penelitian Pretets-Potstest Control Group Design.Populasi dalam Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1Lau BalengTP 2020/2021 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa keseluruhan adalah 196 orang siswa.Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak dengan teknik Simple Random Sampling yaitu kelas VIII1sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol.Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan tes objektif dalam bentuk pilihan berganda untuk mengetahui hasil belajar siswa.
Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 65,61dengan standar deviasi 9,25dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 59,39 dengan standar deviasi 10,21.Melalui uji t dua pihak untuk data postes kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk α=0,05 dan dk=64 diperoleh thitung=2,550dan ttabel=1,987, dengan thitung>ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat efektivitas signifikan strategi pembelajaran inkuiri berbantuan proyektorterhadap hasil belajar siswa pada materi pesawat sederhana di Kelas VIII semester I SMP Negeri 1Lau BalengTP2020/2021.
Collections
- Pendidikan Fisika [122]