dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Gelombang Di Kelas VIII SMP Santa Maria Aekraja TP 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah penelitian populasi dan pengambilan sampel
dalam penelitian ini menggunakan sampling total. Sampel yang diambil dari populasi sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIIIA yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB yang dijadikan sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik dan tes objektif sebanyak 20 item dalam bentuk pilihan berganda untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 40,125 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol
39,17. Sebelum diuji dengan uji t, dilakukan uji prasyarat yang menyatakan
bahwa populasi berdistribusi normal dan homogen. Perhitungan uji t diperoleh thitung = 0,51 < ttabel = 1,667 pada taraf signifikan 0,05. Ini berarti tidak ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan awal siswa.
Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata postes
kelas eksperimen 69,3 sedangkan nilai rata-rata postes kelas kontrol adalah 63,3. Uji prasyarat menyatakan bahwa populasi berdistribusi normal dan homogen. Setelah itu uji hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan uji t satu pihak (pihak kanan). Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 3,22 > ttabel =1,667 pada taraf signifikan α = 0.05. Sedangkan hubungan masing-masing variabel diindikasikan berpengaruh signifikan melalui uji regresi dengan perolehan hasil Y
= 4,3710 + 0,8795X. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dapat mempengaruhi hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi gelombang di kelas VIII semester genap SMP Santa Maria Aekraja TP 2019/2020. Dimana besar peningkatan hasil belajarnya sebesar 20,9%. | en_US |